RUMAH SAKIT
Rumah Sakit adalah tempat dimana orang sakit mencari dan menerima pelayanan kedokteran serta tempat dimana pendidikan klinik untuk mahasiswa kedokteran, perawat dan berbagai tenaga profesi kesehatan lainnya yang diselengggarakan. (Wolper dan Pena)
Rumah Sakit adalah suatu organisasi tenaga medis profesional yang terorganisasi, serta sarana kedokteran yang permanen dalam menyelenggarakan pelayanan kedokteran, asuhan keperawatan yang berkesinambungan, diagnosis, serta pengobatan penyakit yang diderita pasien. (American Hospital Association)
LATAR BELAKANG
Dalam UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 1992 “TENTANG KESEHATAN”
dinyatakan dalam PASAL 23 “Bahwa Upaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja Harus Diselenggarakan di Semua Tempat Kerja, Khususnya Tempat Kerja Yang Memiliki Risiko Bahaya Kesehatan, Mudah Terjangkit Penyakit atau Mempunyai Karyawan Paling Sedikit 10 Orang.”
Potensi Bahaya di Rumah Sakit selain penyakit-penyakit infeksi juga ada potensi bahaya-bahaya lain yang mempengaruhi situasi dan kondisi di Rumah Sakit, Yaitu;
1. KECELAKAAN (PELEDAKAN, KEBAKARAN, KECELAKAAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN INSTALASI LISTRIK, DAN SUMBER-SUMBER LAIN)
2. RADIASI
3. BAHAN-BAHAN KIMIA BERBAHAYA GAS-GAS ANASTESI
4. GANGGUAN PSIKOSOSIAL
5. ERGONOMI
Semua potensi bahaya tersebut jelas mengancam jiwa dan kehidupan bagi karyawan, para pasien, maupun para pengunjung yang ada di lingkungan Rumah Sakit.
Hasil laporan NSC (NATIONAL SAFETY COUNCIL) TAHUN 1988 terjadi kecelakaan di Rumah Sakit 41% Lebih nesar kecelakaan di industri lain.
TUJUAN DAN SASARAN
A. TUJUAN
Terciptanya cara kerja, lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman dan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan karyawan Rumah Sakit.
B. SASARAN
1. Rumah Sakit
2. Karyawan Rumah Sakit
3. Pasien Dan Pengunjung
MANFAAT
- BAGI RUMAH SAKIT Meningkatkan Mutu Pelayanan Mempertahankan Kelangsungan Operasional Rumah Sakit Meningkatkan Citra Rumah Sakit
- BAGI KARYAWAN Melindungi Karyawan dari Penyakit Akibat Kerja (PAK) Mencegah Terjadinya KEcelakaan Akibat Kerja (KAK)
- BAGI PASIEN DAN PENGUNJUNG Mutu Pelayanan Yang Baik Kepuasan Pasien dan Pengunjung